Minggu, 08 Januari 2012

Industri Para Nabi Allah


Kehidupan para Nabi Allah dan masyarakatnya merupakan salah satu contoh yang baik tentang kegiatan produksi, sebagaimana diberitakan dalam Alquran dan Hadis. Rasulullah Muhammad Saw.bersabda. "Nabi Daud adalah tukang besi pembuat senjata, Nabi- Adam adalah seorang petani, Nabi Nuh seorang tukang kayu, Nabi Idris seorang tukang jahit, dan Nabi Musa adalah penggembala " (HRA1 Hakim).
Industri Besi, Baja, dan Kuningan
·               "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami…... Dan Kami telah melunakkan besi untuknya. Buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah amalan shaleh" (QS Saba': 10 -11)
Ayat-ayat ini menunjukkan kegiatan pengolahan besi yang dilakukan oleh Nabi Daud a.s. dan umatnya. Pemanfaatan besi juga termaktub dalam Al-Kahfi: 96 :
·               "Berilah aku potongan-potongan besi hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulqarnain: Tiuplah api itu".
Alquran menyebutkan pemanfaatan kuningan ketika menceritakan kisah Nabi Sulaiman a.s :
·               Dan kami alirkan cairan tembaga baginya." (Saba': 12)
·               "Ketika besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata, 'Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atas besi panas itu "(QS Al-Kahfi: 96)
Industri Perhiasan Emas dan Perak, Mutiara, Sutera
·               "Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca, (yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya" (QS Al-Insan: 15-16)
·               "Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera" (QS Al-Hajj: 23)
·               "... dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah" (QS Al-Kahfi: 31)
Industri Minyak Nabati, dan Pertambangan
·               "Dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaytun) yang menghasilkan minyak dan makanan bagi orang-orang yang makan " (QS Al-Mu'minuun : 20)
·               "... Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia ..." (QS Al-Hadid : 25)
Industri Kulit, Tekstil, dan Kaca
·             "Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawanya) di waktu kamu berjalan dan waktu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu) dan Dia jadikan bagimu pakaian yang melindungimu daripanas" (QS An-Nahl: 80)
·               "Dikatakan kepadanya: 'masuklah kamu ke dalam istana', Makatakala ia melihat lantai istana itu dikiranya kolam air yang besar,dan disingkapkannya kedua betisnya, Berkatalah Sulaiman: 'sesungguhnya ia adalah istana licin yang terbuat dari batu kaca"... (QS An-Naml: 44).
Ayat di atas menceritakan kekaguman Ratu Balqis terhadap lantai istana Nabi Suiaiman yang mengkilat bagai air. Hal ini menunjukkan bahwa pada waktu itu telah ada produksi istana dari kaca (batu pualam)
lndustri Keramik, Batu Bata, dan Bangunan
·               "... Maka bakarlah hai Haman untukku tanah liat, kemudian buatkanlah untuk bangunanku yang tinggi ..." (QS Al-Qashash:38)
·               "Dan berkatalah Fir'aun, 'hai Hamam, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu,(yaitu) pintu-pintu langit..." (QS Al-Mukmin: 36-37).
Kedua ayat ini menceritakan kisah pada masa Nabi Musa, yaitu: etika Fir'aun meminta Hamam untuk membuatkan bangunan yang megah baginya.
·               "Apakah kamu tidak memerhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat kepada kaum 'Aad? (yaitu) penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan tinggi, yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu di negeri-negeri lain" (QS Al-Fajr: 6-8)
·               "... Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanah-Nya yang datar dan kamu pahat gunung-gunung-Nya untuk dijadikan rumah..." (QS Al-A'raf : 74)
·               "Dan kaum Tsamud yang memotong batu-batu besar di lembah " (QS Al-Fajr: 9)
lndustri Perkapalan
Al-Quran telah menceritakan bagaimana Nabi Nuh a.s. dan umatnya membangun sebuah bahtera yang besar untuk menampung orang-orang yang beriman dari banjir besar. Kisah Nabi Nuh ini misalnya :
·               "Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, ... Dan mulailah Nuh membuat bahtera... Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung... " (QS Hud: 37, 38, 42)
·               " Dan Kami angkut Nuh ke atas (bahtera) yang terbuat dari papan dan paku, yang berlayar dengan pemeliharaan kami,... " (QS Al-Qamar: 13-14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NAMA