Minggu, 08 Januari 2012

Apakah Waktu Memberikan Mashlahahl


Apakah Anda menggunakan bus kota ataukah mobil / kendaraan pribadi ketika pergi ke kantor atau kampus? Berapa lama Anda habiskan waktu untuk merias atau merawat tubuh? Apakah Anda setiap hari memilih membeli makanan cepat saji (fast-food) ataukah memilih membeli, makanan siap saji?
Kita telah mendiskusikan keputusan semacam ini. Jika Anda rasional, maka Anda akan mempertimbangkan mashlahah marginal yang diperoleh dengan biaya marginalnya, yaitu harga barang yang dikonsumsi. Tetapi, satu hal yang selama ini sering diabaikan adalah aspek waktu. Salah satu bentuk pengorbanan dari suatu kegiatan bukan hanya harga, namun juga waktu.
Makanan siap saji pada umumnya ditawarkan lebih mahal dibandingkan masakan sendiri di rumah, tetapi hal ini bisa menghemat waktu. Salah satu biaya dari masakan rumah adalah adanya pengorbanan waktu. Oleh karena itu, biaya penuh dari makanan ini tidak hanya biaya bahan dasar, bahan bakar dan bumbu, namun juga biaya oportunitas dari aktivitas pengganti yang Anda korbankan ketika Anda memasak. Kegiatan ini akan mendatangkan mashlahah tersendiri.
Kondisi tekanan hidup dewasa ini yang telah mendorong orang untuk memilih hidup di negara-negara makmur, suatu nilai yang» tinggi (misalnya mahalnya harga) selalu terkait dengan penghematan waktu. Restoran siap saji dan pesawat supersonik merupakan gejala dari gaya hidup ini.
Bahkan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan pun menghabiskan waktu. Semakin banyak waktu Anda alokasikan untuk kegiatan yang menyenangkan, maka semakin sedikit waktu yang Anda bisa lakukan untuk kegiatan menyenangkan yang lain. Semakin banyak Anda bersantai di kamar tidur, semakin sedikit acara TV yang bisa Anda tonton (kecuali jika TV itu Anda bawa ke kamar).
Sebagai orang yang rasional memikirkan akan mashlahah, penghematan waktu memberikan kemungkinan Anda untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup yang lain. Ketika harga, makanan siap- saji lebih mahal daripada masakan sendiri, mungkin Anda tetap akan membeli makanan siap saji karena aspek hemat waktu. Namun, tentu Anda akan mempertimbangkan apakah kualitas makanan tersebut memenuhi standar kesehatan, ada jaminan kehalalan, dan cocok dengan selera Anda dibandingkan dengan masakan Anda sendiri. Di sinilah Anda telah mempertimbangkan antara aspek tambahan mashlahah dan tambahan biaya di luar harga barang yang kita beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NAMA