Minggu, 18 Desember 2011

Komitmen : Kunci Sukses Anda

Untuk meraih tujuan Anda, hal pertama yang harus Anda miliki adalah komitmen. Tanpa komitmen, Anda hanya akan diam di tempat Anda sekarang. Tanpa komitmen, tak ada kesuksesan.
Komitmen yang sesungguhnya adalah sebuah janji dalam hati, bahwa kita tidak akan menyerah terhadap keadaan seperti apapun yang mungkin akan kita hadapi. Sekali dimulai, tidak ada kata berhenti hingga kita mencapai tujuan kita.
Ya, mungkin saja akan ada tikungan dalam perjalanan yang kita lalui, tapi bila kita memelihara komitmen dalam hati kita, kita akan mencapai sasaran yang kita impikan. Orang yang tidak memiliki komitmen akan melihat rintangan sebagai tembok penghalang yang menghentikan langkah mereka. Tapi orang yang memiliki komitmen memandang segala sesuatunya dengan berbeda.
Mereka tidak menerima kata "gagal" sebagai salah satu pilihan. Mereka melihat rintangan sebagai tanda bahwa usaha mereka harus diperbaharui. Mereka mencoba melihat dan mencari cara baru yang lebih baik, dan kemudian mengambil tindakan. Mereka tidak menunda dan terus melakukan perbaikan. Tidak ada tembok penghalang dalam kamus orang yang memiliki komitmen. Kalaupun menemui tembok penghalang, mereka akan mengambil jalan memutar yang akan mengarah ke tujuan mereka.
Kita semua memiliki kesempatan untuk memiliki komitmen untuk sukses. Yang dibutuhkan adalah kesediaan untuk bekerja keras dan tekad yang kuat. Namun imbalannya setimpal, yakni sukses yang ingin kita raih. Evaluasilah tingkat komitmen Anda dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, dan jawablah dengan jujur :
§   Apakah saya sungguh-sungguh ingin mencapai impian saya?
§   Apa arti penting pencapaian impian ini bagi saya?
§   Apa "harga" yang bersedia saya bayar untuk mewujudkannya?
§   Apakah saya yakin saya bisa?
Kemampuan Anda untuk mencapai tujuan Anda ditentukan oleh sampai dimana level komitmen Anda. Tidak ada yang lebih penting dari ini. 
Coba kita bayangkan seorang atlet atau orang-orang berprestasi dalam berbagai bidang. Bayangkan latihan dan proses belajar tanpa henti yang harus mereka jalani. Bayangkan kehidupan sosial yang harus mereka korbankan, kekalahan yang harus mereka hadapi, serta berbagai pengorbanan dan tantangan lainnya yang harus mereka hadapi untuk mencapai impian mereka. Hanya Anda yang bisa memutuskan, apakah usaha Anda setimpal dengan hasil yang ingin Anda capai.
Sebuah komitmen yang serius untuk mencapai tujuan tidak berarti Anda harus mengorbankan segala kesenangan dan kegembiraan dalam hidup Anda. Canda tawa dan humor adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup seorang manusia yang sehat dan bahagia. Karena itu, pastikan bahwa tujuan yang ingin Anda raih adalah juga sesuatu yang membahagiakan Anda. 
Hidup hadir dihadapan kita sehari demi sehari. Ambillah komitmen Anda dan ejawantahkan dalam praktek hidup keseharian Anda. Ingatlah. Satu demi satu bata yang kita susun akan membangun sebuah rumah. Sapuan kuas satu per satu di atas kanvas akan menghasilkan lukisan yang indah. "Tidak menjadi masalah betapa lambatnya kamu berjalan, yang penting kamu tidak berhenti", kata Konfusius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NAMA